Tuesday, May 8, 2007

Frequent Asked Questions

Jika Anda menawarkan seseorang untuk berinvestasi dalam New Iraqi Dinar (New IQD) sudah tentu beberapa dari mereka akan mengajukan pertanyaan.
Berikut adalah pertanyaan-pertanyaan yang paling sering diajukan:

1. Mengapa lebih mahal saat memesan 1 juta IQD dalam bentuk collection set (41.800 IQD/ set) 7 pecahan, dibanding memesan 1 juta IQD hanya dalam pecahan 25.000 IQD saja?
  • Sebenarnya ini disebabkan oleh beberapa hal. Pertama-tama adalah karena dibutuhkan 40 lembar pecahan 25.000 IQD untuk membuatnya menjadi 1 juta IQD. Jika dengan pecahan 5.000 IQD, makan dibutuhkan 200 lembar untuk mencapai jumlah 1 juta. Itu 5 kali lebih banyak! Ini menambah biaya impor dan ekspornya. Tidak hanya itu, ini juga membutuhkan waktu 5 kali lebih lama untuk meyakinkan orang bahwa kesemua lembaran uang itu asli. Keterbatasan persediaan pecahan yang lebih kecil pada kondisi sirkulasi yang tidak lancar juga menyebabkan uang-uang ini lebih sulit sampai ke tangan Anda.Ini memperlambat proses pengiriman, yang berarti juga memperlambat sampainya uang ke tangan Anda. Prosedur yang berbelit-belit inilah yang membuat harga 1 juta an IQD dalam bentuk collection set – 7 pecahan menjadi lebih mahal.

2. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk pengiriman pesanan, dan dengan apa pengiriman dilakukan?

  • Semua pemesanan membutuhkan waktu paling lama 1 hari kerja untuk pengiriman, tergantung dari banyaknya yang akan dikirim. Bila yang dipesan dalam jumlah banyak maka dibutuhkan 4-5 hari kerja. Pengiriman oleh Fedex dan diperkirakan akan sampai dalam 1-2 hari, jika Anda berada di kota besar.

3. Mengapa saat ini saya tidak dapat membeli New IQD melalui bank international atau Money Changer?

  • Bank-bank internasional atau money changer belum dapat menyediakan New IQD, karena New IQD belum termasuk dalam mata uang-mata uang yang diperdagangkan saat ini, dikarenakan nilai tukarnya yang masih lemah. Saat nanti tingkat nilai tukarnya telah menguat dan ditetapkan secara resmi, Anda akan dapat memperolehnya pada bank-bank internasional atau money changer.

4. Berapa lama waktu yang dibutuhkan hingga tingkat nilai tukar yang resmi ditetapkan-meningkat?

  • Sebelumnya, semua pengamat ekonomi memperkirakan ini akan terjadi pada tahun 2006. Tetapi pada kenyataannya, itu tidak terjadi. Waktu yang dibutuhkan mungkin saja hanya satu hari, atau beberapa tahun lagi! Inilah mengapa kita perlu bersabar, dan dalam jangka waktu ini kita manfaatkan dengan membeli Dinar sebanyak mungkin!

5. Jika nanti nilai pertukaran telah menguat, pada harga berapa saya dapat menguangkan Dinar ini?

  • Ini semua terserah pada Anda. Tak seorangpun dapat memprediksi perputaran dunia ekonomi, bahkan para ahli-ahlinya! Jika nilai tukar yang resmi kembali menguat pada tingkat nilai tukar sebelum perang, yakni 1 IQD = 0.33 USD, tentu Anda sudah akan dapat menukarkannya. Jika anda memiliki 1 juta IQD, itu akan bernilai US$ 330.000! Nilai yang tidak dapat dikomplain, bukan? Anda bisa menukarkan sejumlah kecil IQD dari nilai total yang Anda miliki tersebut, dan tetap memperhatikan bagaimana perekonomian Irak dan produksi minyak bumi mereka terus bertambah. Jadi, seperti yang dapat Anda lihat, bukankah ini semua benar-benar terserah pada Anda?

6. Bagaimana saya dapat mengikuti nilai pertukaran dari New IQD?

  • Anda dapat menemukannya pada keterangan perubahan nilai tukar mata uang pada web Central Bank of Iraq www.cbiraq.org

7. Mengapa saya tidak dapat membeli IQD dengan rate yang saat ini terdaftar pada Central Bank of Iraq?

  • Karena nilai tukar tersebut hanya berlaku pada institusi atau nasabah bank setempat.

8. Apakah ini legal?

  • Tentu saja! Kami memiliki ABN (Australian Business Number) untuk menjamin bahwa ini legal

9. Bagaimana jika Irak memutuskan untuk mengubah mata uang mereka lagi?

  • Kemungkinan besar ini tidak akan terjadi. Sangat mahal bagi sebuah negara untuk mengubah mata uangnya, dan jika tidak ada indikasi, ini tidak mungkin terjadi lagi. New IQD telah diterima dengan sangat baik oleh masyarakat Irak, dan telah mempersatukan negara ini di bawah satu mata uang. Banyak orang di Irak sangat bangga pada mata uang mereka, karena merefleksikan banyak sejarah dan kekuatan penting di Irak. New IQD juga merupakan suatu pengingat pada mereka bahwa Saddam telah keluar dari kehidupan sehari-hari mereka. Pada 2004, mereka mulai membuat pecahan yang lebih kecil, juga koin, untuk mendorong semakin meningkatnya nilai tukar IQD. Ini juga merupakan suatu konfirmasi tentang komitmen jangka panjang mereka terhadap mata uang ini.

10. Jika Anda beranggapan IQD adalah sebuah bentuk investasi yang sangat baik, mengapa Anda menjualnya?

  • Tidakkah Anda akan mencoba untuk mendapatkan sebanyak mungkin untuk diri Anda, jika Anda dimungkinkan untuk itu?Ini adalah pertanyaan yang wajar, dan pasti akan ditanyakan oleh banyak orang. Saat saya pertama kali mendengar tentang IQD, yang ingin saya lakukan hanyalah membelinya sebanyak yang saya mampu. Bagaimanapun, yang dapat saya beli hanya sejumlah 1 juta IQD. Seiring dengan saya meneliti dan belajar lebih banyak mengenai IQD, saya mulai menyadari betapa besarnya market untuk IQD ini. Saya memutuskan untuk mulai menjual IQD sesegera mungkin.Tujuan saya adalah untuk menyediakan pelayanan bekualitas untuk pasar Indonesia & internasional, sementara menghasilkan sedikit keuntungan melalui setiap penjualan. Dengan suksesnya bisnis ini, saya mulai dapat menghasilkan keuntungan yang besar. Tidak hanya itu, tapi saat IQD akhirnya ‘meledak’ di pasar internasional, saya juga akan memiliki stock yang besar sekali untuk saya uangkan! Saya akan seperti duduk di pundi-pundi emas. Jauh lebih baik dibanding 1 juta IQD saya yang mula-mula, bukan?

No comments: